29 Aug 2023

Mahasiswa Poltek Nuklir Raih Juara III Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional

Yogyakarta-Humas BRIN. Mahasiswa Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia (Poltek Nuklir) BRIN kembali tunjukkan eksistensinya. Kali ini berhasil meraih juara III dalam lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) Nasional yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Diponegoro pada Sabtu (26/8) lalu.

Dalam kegiatan yang bertema ‘Mewujudkan Zero Hunger melalui Optimalisasi Strategi dan Inovasi di Bidang Pertanian’ ini tim Poltek Nuklir mengirimkan wakil Angelica Isabella dan Michelle Holly Raharjo dari program studi Teknokimia Nuklir melalui KTI dengan judul ‘Modifikasi Pupuk Organik Cair dari Limbah Air Cucian Beras dengan Integrasi Iradiasi Gamma.’

“Menggunakan iradiasi Gamma terbukti dapat meningkatkan kadar unsur hara dari limbah air cucian beras berupa C-Organik serta waktu fermentasinya menjadi lebih cepat daripada tanpa iradiasi,” ungkap Angelica.

Modifikasi pupuk organik dari limbah air cucian beras yang telah dilakukan ialah berupa integrasi atau penambahan iradiasi gamma dengan dosis 10, 30, dan 60 kGy. Proses pengujian dilakukan melalui tiga cara yakni berupa uji langsung, tidak langsung, dan uji F-ANNOVA Single Way. “Dengan memanfaatkan teknologi iradiasi Gamma, air cucian beras diharapkan bisa dimanfaatkan secara berkelanjutan dan dapat dihasilkan mutu yang baik, membantu keberlanjutan kesuburan tanah yang baik untuk tanaman, melindungi kualitas/mutu tanah bagi tanaman,” tambahnya.

Sementara itu, Deni Swantomo selaku pembimbing menyampaikan ucapan syukurnya atas keberhasilan yang diperoleh anak didiknya. “Karena kita merupakan Politeknik bidang kenukliran, maka KTI diupayakan terkait dengan pemanfaatan iptek nuklir. Jadilah karya tulis ilmiah tersebut. Bangga tentunya, karena Mahasiswa semakin kreatif dan lebih mandiri, kita tinggal mengarahkan saja,” terangnya.

Demikian pula dengan Angelica yang ingin terus belajar sehingga kedepannya menjadi lebih baik lagi. “Semakin giat belajar dan mencoba untuk hasil yang lebih baik lagi,” tutupnya. (tek/ed:mn)