05 Sep 2023

Ikuti National CAD-CAM Competition 2023, Mahasiswa Poltek Nuklir Sabet Juara III

Yogyakarta-Humas BRIN. Mahasiswa Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia (Poltek Nuklir) BRIN kembali menunjukkan eksistensinya. Dua Mahasiswanya dari Program Studi Elektro Mekanika, yaitu Gigih Andy Hanggorekso dan Achmad Faisal Aziz berhasil menjadi juara tiga dalam National CAD-CAM Competition 2023 (NCC 2023) yang diselenggarakan oleh Badan Koordinasi Kemahasiswaan Politeknik se-Indonesia (Bakorma) di Politeknik Manufaktur Bandung (Polman) pada Sabtu (2/9).

Dalam kompetisi tersebut, Gigih menjadi juara tiga tingkat II (Advance) kategori CAD 3D Mechanical Animation. Sementara itu Faisal meraih juara tiga tingkat I (Intermediate) kategori CAD 3D Mechanical Animation. CAD Mechanical Animation menggunakan software SolidWorks 2020.

Kompetisi dilaksanakan dari 21 Agustus – 2 September 2023 dengan agenda babak penyisihan dilakukan secara daring. Babak final dilakukan secara luring di Laboratorium Komputer Design Engineering-Polman Bandung.

“Kompetisi dimulai dari babak penyisihan. Peserta diberikan soal berupa animasi dan beberapa part untuk dilakukan proses assembly yang dilakukan dengan menggunakan fitur mate,” ungkap Faisal.

Ia menjelaskan setelah assembly terpenuhi, selanjutnya dilakukan exploded view untuk melihat proses manufaktur. Apabila exploded view selesai, langkah selanjutnya yaitu membuat video animasi berupa explode dan collapse untuk melihat proses manufaktur. “Video animasi meliputi motion dan mekanisme alat,” terangnya.

Sementara itu Gigih menyampaikan kompetisi terbagi menjadi empat kategori yaitu CAD-CAM Milling, CAD-2D Drafting, CAD-3D Modelling, dan CAD-Mechanical Animation. “Masing-masing yang dilombakan memiliki kategori kejuaraan yaitu tingkatan IV (Master), tingkatan III (Expert), tingkatan II (Advance), dan tingkatan I (Intermediate),” jelas Gigih.

Menurutnya, kesempatan mengikuti kompetisi tersebut menjadi tantangan yang seru. “Senang dan seru. Saya dapat mengasah kemampuan pada ranah yang lebih luas lagi dan dapat bertemu dengan orang-orang yang luar biasa,” ungkapnya.

Senada dengan Gigih, Faisal juga menyatakan bahwa mengikuti kegiatan tersebut menjadi inspirasi dalam pengembangan CAD-CAM. “Sangat senang dapat berpartisipasi hingga final NCC 2023. Bertemu dengan banyak teman dapat menjadi dorongan untuk saya belajar lebih giat dalam dunia manufaktur,” ungkapnya

Adi Abimanyu, Wakil Direktur III bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Poltek Nuklir menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada dua mahasiswa berbakat tersebut. “Capaian ini adalah bukti nyata dari dedikasi, kerja keras, dan bakat luar biasa yang dimiliki oleh mahasiswa Program Studi Elektro Mekanika Poltek Nuklir,” ungkapnya.

Menurutnya, keberhasilan ini tidak hanya menggambarkan potensi sebagai mahasiswa, tetapi juga mewakili Poltek Nuklir dengan gemilang di tingkat Nasional. “Saya berharap, prestasi ini menjadi inspirasi bagi seluruh mahasiswa Poltek Nuklir pada umumnya dan Program Studi Elektro Mekanika pada khususnya. Teruslah mengasah kemampuan dan semangat juang. Saya yakin mahasiswa Poltek Nuklir akan mencapai prestasi yang lebih besar lagi di masa depan di level yang lebih tinggi (Internasional),” tambahnya.

Diakhir pernyataanya, Abimanyu juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya bagi civitas Poltek Nuklir yang telah memberikan dukungan bagi kedua mahasiswa tersebut untuk berjuang mengharumkan nama Poltek Nuklir. (tek/ed:mn)