16 May 2023

Hadirkan Expert, Dosen dan Mahasiswa Poltek Nuklir Terus Tingkatkan Wawasan Perkembangan NDT

Yogyakarta-Humas BRIN. Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia (Poltek Nuklir) BRIN berkerja sama dengan PT. Pratita Prama Nugraha melaksanakan demontrasi peralatan Robotic NDT Inspection pada Kamis (11/5) lalu. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka meningkatkan wawasan teknologi di bidang Uji Tak Rusak (NDT), dengan menghadirkan Expert dari New Zealand yaitu Mr. Peters Sean Ashly. 

“Robotic NDT-Inspection yang di demonstrasikan ini adalah sistem inspeksi dengan robot yang mampu menempel dan bergerak sesuai keinginan inspector guna menelusuri dinding tangki (vessel) proses atau pipa yang menjadi objek inspeksi, baik dari posisi luar maupun dalam tangkai,” jelas Peters.

Menurutnya, pengendalian robot juga dapat dilakukan menggunakan tombol operasi dari jauh yang terpantau pada layar monitor. “Robot ini dilengkapi kamera yang mampu melakukan zoom secara maksimal,” ungkapnya lagi.

Lebih lanjut Peters juga menjelaskan, bahwa selain berfungsi untuk inspeksi visual, robot juga dapat untuk menentukan ordinat posisi indikasi hasil inspeksi. “Robot juga dapat difasilitasi kamera borescope untuk inspeksi corrosion maping pada objek inspeksi sehingga dapat mengetahui dimensi korosinya,” terangnya. Bahkan robot tersebut sudah dilengkapi dengan fasilitas UT-Thickness yang sekaligus bisa mengambil data thickness pada bagian inspeksi yang sulit dijangkau oleh pekerja.

Kegiatan diikuti oleh dosen, tenaga pendidik serta Mahasiswa dari program studi Elektro Mekanika dan Elektronika Instrumentasi, yang sangat erat kaitannya dengan bidang keilmuan Robotic NDT-Inspection.

“Dengan dilaksanakannya demontrasi alat tersebut, diharapkan sivitas Poltek Nuklir dapat mengembangkan dan mengaplikasikan teknologi robotika dalam bidang industri, sehingga kedepannya alumni tidak berhenti sebagai operator, tetapi bisa menjadi teknologis dalam industry NDT,” jelas Adi Abimanyu selaku Wakil Direktur III bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Poltek Nuklir. Adi juga menuturkan, kegiatan ini akan menjadi tambahan wawasan dan ide untuk terus berinovasi dalam mengembangkan teknologi inspeksi NDT pada berbagai macam metode NDT yang ada. (tm,rtm,tek)