30 Sep 2022

POSTER 2022 Poltek Nuklir Bangun Generasi Muda Nuklir Berkarakter

Mahasiswa Baru menyimak pemaparan materi “Strategi Sukses di Kampus” yang diberikan pada pelaksanaan POSTER dalam rangka pembekalan penguatan diri

(Yogyakarta, 29/9/22). Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia (Poltek Nuklir) BRIN kembali mengadakan Pekan Orientasi Studi Terpadu (POSTER) secara offline bagi Mahasiswa Baru tahun ajaran 2022/2023 setelah dua tahun dilaksanakan secara online. Poster merupakan pintu gerbang untuk mengenal perguruan tinggi bagi setiap mahasiswa baru. Sesuai dengan temanya yaitu membangun generasi muda nuklir yang unggul, cerdas, dan berintegritas,

Penyelenggaraan POSTER 2022 mengusung visi ‘Mewujudkan Mahasiswa Poltek Nuklir BRIN Angkatan 2022 yang Memiliki Fundamental dalam Berkepribadian, Berpikir dan Bersosialisasi.’ Tujuannya adalah menghasilkan bibit-bibit unggul yang dapat berkarya dan menghasilkan inovasi dalam bidang teknologi kenukliran, serta menjadikan inspirasi bagi para pemuda dalam upaya berkontribusi bagi bangsa dan negara.

Ketua POSTER tahun 2022 Gathan Al Syah menyampaikan ragam kegiatan kegiatan yang dilakukan. Diantaranya mencakup nilai attitude, akademik, keorganisasian, dan jasmani. “Harapannya setelah pelaksanaan POSTER ini, mahasiswa baru akan semakin memiliki attitude yang baik dalam bermasyarakat, siap dalam mengikuti keorganisasian, memiliki pengetahuan akademik di bidang kenukliran dan sosial masyarakat, serta memiliki jasmani yang sehat,” ungkapnya.

Ahmad Fatal Bar, mahasiswa baru dari Program Studi Teknokimia Nuklir menyatakan bahwa pelaksanaan rangkaian POSTER 2022 ini cukup memuaskan. “Bagi saya, POSTER 2022 ini memberikan orientasi kepada mahasiswa baru tentang lingkungan akademika kampus, dimana Poltek Nuklir adalah salah satu kawasan yang terjaga keamanannya,” ungkapnya. Selain itu, kegiatan tersebut menurutnya dapat melatih mahasiswa baru untuk selalu memanfaatkan waktu luang dengan baik dan mencoba untuk berpikir kritis.

Dalam pelaksanaannya peserta POSTER memberoleh pembekalan terkait (1) Prosedur Keselamatan dan Keamanan KST BRIN Yogyakarta, (2) Wawasan Kebangsaan dan Anti Radikalisme, (3) Norma dan Etika Mahasiswa, (4) Penyuluhan Anti NAPZA, (5) Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia, (6) Pengembangan Karakter Mahasiswa sebagai Intelektual dan Anti Kekerasan, (7) Materi Keprodian dan Sistem Informasi Akademik, (8) Motivasi serta (9) Pelaksanaan pengenalan kampus.

Acara tersebut telah dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus – 3 September 2022 lalu dan diikuti 115 peserta dengan menghadirkan narasumber dari internal maupun eksternal Poltek Nuklir. Selain itu peserta juga berkesempatan presentasi kelompok serta pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan organisasi yang ada di lingkungan keluarga mahasiswa Poltek Nuklir. (Tek, Rhm/Ed: Mn)

Leave a Reply