16 Sep 2022

Poltek Nuklir Tangkap Peluang Kerja Sama

Prof. Nobuo Funabiki saat mencoba Handheld XRF Analyzer yang berfungsi untuk melihat komposisi material logam

(Yogyakarta, 15/9/22). Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia (Poltek Nuklir) BRIN menuju Perguruan Tinggi Vokasi yang mendunia terus bergerak mengembangkan jejaring kerja sama dengan calon mitra dari luar negeri. Pada hari Selasa, 13 September 2022 menerima kunjungan Prof. Nobuo Funabiki dari Okuyama University Jepang. Kunjungan tersebut terselanggara berkat bekerja sama dengan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dan Okuyama University Jepang. Kegiatan dimulai dengan melaksanakan Kuliah Tamu dengan judul FILS15.4: Fingerprint-based Indoor Localization System Using IEEE 802.15.4, yang disampaikan langsung oleh Prof. Nobuo Funabiki dengan moderator Yuli Astriani, M.Phil.

Direktur Poltek Nuklir, Dr. Eng. Zainal Arief, ST, MT menyatakan terimakasih atas kerja sama yang terjalin antara Poltek Nuklir, PENS dan Okuyama University dengan terselenggaranya kegiatan ini. “Saya berharap kita akan dapatkan manfaat dari pelaksanaan kegiatan kali ini, antara lain adanya penelitian bersama,” ungkap Zainal.

Sementara itu, Profesor Nobuo Funabiki selaku narasumber kuliah tamu menjelaskan materi dengan mulai memperkenalkan letak dan profil Okuyama University, berapa orang Indonesia yang beliau bimbing dan menempuh pendidikan di Okuyama University, berapa yang sudah lulus, maupun yang sedang menempuh studi lanjut strata dua (S-2) maupun strata tiga (S-3). Hal ini menjadi daya tarik mahasiswa Poltek Nuklir. Mahasiswa juga menyimak dengan baik serta memberikan respon yang positif dengan banyaknya pertanyaan yang diberikan pada sesi tanya jawab.

M. Hafidz Dzikra mahasiswa Program Studi Elektro Mekanika angkatan 2021 menyampaikan harapan kedepannya kuliah umum akan bisa diperbanyak, dengan materi yang variatif dan narasumber juga bisa didatangkan dari luar negeri, agar makin menambah motivasi mahasiswa.

Sedangkan Halim Hamadi, M.Sc, Dosen Program Elektronika Instrumentasi menyampaikan kesannya. Menurutnya, kuliah tamu ini menjadi sebuah pengalaman dan sharing ilmu yang berharga untuk civitas akademika poltek nuklir terutama mahasiswa dan Dosen. “Narasumber memberikan sharing teknologi terbaru tentang komunikasi jaringan yang mana dapat digunakan di Poltek Nuklir. Selain sharing knowledge, narasumber juga sharing tentang peluang pertukaran pelajar, peluang melajutkan studi S-2 dan terutama studi S-3 untuk dosen poltek nuklir serta peluang mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi,” jelasnya.

Kunjungan ke beberapa fasilitas/laboratorium di Poltek Nuklir juga dilaksanakan setelah kuliah tamu. Kunjungan dilaksanakan di laboratorium NonDestructive Test, fasilitas Iradiator dan laboratorium Instrumentasi Kimia. Profesor Nobuo tertarik untuk mencoba penggunaan detektor di laboratorium Instrumentasi Nuklir.

Mengakhiri rangkaian kunjungan Profesor Nobuo Funabiki juga bertemu dengan Dosen dan tenaga kependidikan yang berpeluang dan tertarik untuk melanjutkan studi di Okuyama University. (rtm)

Leave a Reply

Your email address will not be published.