26 Aug 2022

Poltek Nuklir dan Rosatom Tech Academy Selenggarakan Kuliah Online bagi Dosen dan Mahasiswa

(Yogyakarta, 26/8/22). Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia (Poltek Nuklir) BRIN bersama dengan Rosatom Tech Academ, Rusia menyelenggarakan kuliah online bagi dosen dan Mahasiswa dengan topik “Biological Effects of Radiation” pada Rabu (10/8) lalu. Menghadirkan Ms. Elena Onischuk selaku Manajer proyek di Rosatom Tech Academy serta seorang ahli di bidang keselamatan radiasi dan teknologi kedokteran nuklir. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka mendukung kerja sama Internasional antara Federasi Rusia dengan Indonesia dalam program pengembangan iptek nuklir Indonesia dan dihadiri lebih dari 100 peserta.

Dalam materinya, Elena menjelaskan secara lengkap meliputi Stochastic and Deterministic Effects, Oxigen Effect, Temperature Effect and Aftereffect, Presence of Impurity Molecules, Sensitivity of Biologocal Materials, Mechanisms of the Biological Action of Ionizing Radiation, Radiosensitivity of Cells at Different Stages, Radiological Effect of Low Doses.

Dika Bhakti Praja peserta kuliah online yang merupakan mahasiswa program studi Teknokimia Nuklir angkatan 2021 menyampaikan, bahwa perkuliahan online tersebut sangat menambah wawasannya terkait berbagai efek biologi akibat dari radiasi. “Sangat senang mengikutinya. Melalui kuliah online ini, wawasan saya semakin bertambah, apalagi pematerinya adalah orang yang kompeten di bidangnya. Selain itu, pemaparan materi nya juga mudah dimengerti, jadi memudahkan saya memahami apa yang disampaikan” ungkapnya

Dika juga menyampaikan harapan agar kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan sehingga pengetahuan dan kompetensi mahasiswa di bidang kenukliran dapat meningkat sehingga mampu bersaing di kancah Nasional maupun Internasional.

Rangkaian kuliah bagi mahasiswa Indonesia dijadwalkan akan diadakan sebelum akhir tahun 2022. Topik pelatihan mencakup beberapa isu: dari memastikan keselamatan nuklir dan radiasi di pembangkit listrik tenaga nuklir hingga teknologi kimia untuk produksi bahan bakar nuklir dan instrumentasi untuk mengukur tingkat radiasi pengion.

Penandatanganan kerja sama antara Poltek Nuklir dengan Rosatom Technical Academy telah dilaksanakan pada Desember 2020, serta melalui proyek inovatif “Kerja sama Internasional dengan Republik Indonesia tahun 2021-2025”. Meskipun demikian, kegiatan kerja sama telah dilaksanakan sejak tahun 2015, melalui penandatanganan kerja sama antara Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dengan Rosatom Tech Academy (saat itu Rosatom-CICE&T). Kegiatan yang telah dilaksanakan bertahun-tahun menghasilkan lebih dari 450 perwakilan dari Republik Indonesia telah dilatih oleh Rosatom Tech Academy termasuk operator fasilitas penelitian nuklir, staf pengajar, dan mahasiswa. (rtm/tek)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.