11 Feb 2020

KNY Selenggarakan Seminar K3 untuk Peringati Bulan K3 Nasional

(Yogyakarta, 10/2/20). Dalam rangka memperingati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional tahun 2020 yang jatuh pada tanggal 12 Januari – 12 Februari 2020, Kawasan Nuklir Yogyakarta (KNY) yang terdiri dari unit kerja Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN), Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA) dan Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir (PTBBN) – Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) pada hari Senin, 10 Februari 2020 menyelenggarakan seminar K3.

Menghadirkan dua nara sumber, yaitu AKP Slamet Subiyantoro (Kanit I Subditkamsel Ditlantas Polda DIY) dan dr. Sak Liung, SP. KJ dari RSJ Prof. Dr. Soerodjo Magelang, kegiatan yang dilaksanakan di gedung Auditorium STTN dan diikuti oleh sekitar 180 pegawai KNY mengusung tema “Keselamatan dalam Berkendara dan Kesehatan Mental dalam Menyikapi Era Digital”.

Dr. Sukarman, M. Eng selaku plh. Ketua STTN dalam sambutannya menyampaikan bahwa keselamatan dan kesehatan kerja adalah sesuatu yang sangat penting. “Berbicara tentang K3 adalah berbicara sesuatu yang komplek. Perlu melakukan strategi yang lebih efektif, efisien dan inovatif untuk mencegah terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja,” jelasnya. Sukarman juga menjelaskan bahwa membudayakan K3 dalam setiap pekerjaan sangat perlu dilakukan, sehingga kecelakaan dan penyakit akibat kerja bisa semaksimal mungkin dihindari. “Uang bisa dicari, karir bisa dikejar, tapi keselamatan tidak bisa ditawar. Safety adalah yang utama. Marilah kita budayakan untuk selalu bekerja sesuai dengan K3,” tutupnya.

AKP Slamet Subiyantoro, dalam materinya menyampaikan tentang etika dan sopan santun dalam berlalu lintas, sedangkan dr. Sak Liung, SP. KJ menyampaikan tentang dampak era digital terhadap kesehatan mental.

Seminar yang diselenggarakan kali ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan bulan K3 Nasional 2020 yang diselenggarakan oleh KNY. Adapun kegiatan lain yang telah dilaksanakan adalah jalan sehat, lomba Damkar, lomba 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin), lomba Poster serta lomba Fotografi terkait dengan K3. (tek)

Leave a Reply