11 Dec 2023

Pekan Kreativitas Mahasiswa Poltek Nuklir: Wadah Pencapaian Pembelajaran Luar Kurikulum

Yogyakarta-Humas BRIN. HIMA Einstein.com merupakan organisasi himpunan mahasiswa dibawah program studi Elektronika Instrumentasi (Elins) Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia (Poltek Nuklir) BRIN. Salah satu kegiatan untuk mengembangkan minat dan bakat Mahasiswa terhadap IPTEK dan keterampilan Mahasiswa, adalah melalui Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM). Kali ini bertajuk ‘Penerapan IoT sebagai Alat Mitigasi Bencana Alam menuju Era Baru Menyambut IKN dan Satu Abad Indonesia Merdeka’ pada (7-8/12) lalu.

“Adanya wadah untuk menaungi produk karya Mahasiswa sangat diperlukan, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang berguna untuk kedepannya,” ungkap Choirudin, ketua HIMA Einstein.com.

Menurutnya, melalui kegiatan tersebut diharapkan mahasiswa dapat terus bereksplorasi dalam mengasah kemampuannya untuk penggunaan aplikasi yang berbasis keilmuan elektronika seperti Arduino, Proteus, dan sebagainya.

Kegiatan tersebut diikuti oleh tujuh kelompok yang terdiri dari mahasiswa Poltek Nuklir Prodi Elins tingkat I, II dan III dengan judul proyek yang berbeda-beda. “Masing-masing peserta mempresentasikan karyanya, kemudian dewan juri mendatangi setiap stand kelompok untuk melihat kinerja alat yang telah di buat,” ujar Luh Paramachitia Ganesa Pooja, ketua panitia kegiatan.

Dia berharap lomba ini terus menjadi wadah inspirasi bagi para peserta, memberikan kontribusi positif untuk perkembangan bakat dan kreativitas di masa yang akan datang.

Dari hasil penilaian, diperoleh juara pertama dari kelompok dua dengan judul ‘Sistem Monitoring Pergerakan Tanah Berbasis IoT.’ Beranggotakan Naufal Avicena Taufiq, David Irfan Jasir, Asyifa Rima Putri (2021), Cahya Pribadi Mulia, Baharudin Reza P, Renitha Nur Alyza, Hafidzah Rahma A, dan Katherina Sari Dewi (2022).

Juara dua dari kelompok enam dengan judul ‘Pemanfaatan IoT Sebagai Sistem Peringatan Dini Tsunami Berdasarkan Ketinggian Gelombang dan Getaran Air.’ Anggotanya meliputi Alif Virgois Sanggra Winata, Haris Ridwan Jiha Udin, Muhammad Iqbal (2021), Arfanny Yusuf Habibie, Az-Zahra Salshabila Nst, Erika Wahyu Prakosa, Sholikhah Karomatul Aulia, Yasinta Sekar Avita Hernawan (2022), Denta Jaya Marcha, Syahru Zaky Fadilah Rahman (2023).

Adapun juara tiga dari kelompok satu dengan judul ‘Pemanfaatan Arduino dan Internet of Things (IoT) dalam Pengembangan Jaringan Sensor Api Cerdas untuk Mitigasi Bencana Kebakaran Hutan.’ Beranggotakan Aditia Pawaid, Kaditta Maulida Putri, Prayoga Putra Kelana (2021), Akbar Dwi Darmawan, Andaru Hidayah, Gracia Marchella Br. H, Kuntum Khairunnisa, Lu’lu Saniyyatus S (2022), Nur Ihsanudin, Malik Bayu Fathan (2023).

Sutanto, Ketua Program Studi Elins menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bisa menjadi wahana bagi mahasiswa prodi Elins untuk melengkapi kompetensi dan skill-nya. “Tidak hanya yang terstruktur melalui kurikulum, tapi mereka bisa mengekspresikan kreatifitasnya, mendukung pencapaian CP diluar kurikulum, serta menjadi kegiatan yang sinergi dengan pengembangan kompetensi di luar kurikulum, dibawah pembinaan program studi,” ungkapnya.

Naufal Avicena Taufiq salah satu dari anggota yang menjadi juara satu dalam kegiatan menyampaikan rasa syukurnya telah menjadi bagian yang memberikan pengalaman luar biasa. “Saya sangat bersyukur dan bahagia bisa menjadi bagian dari lomba yang luar biasa ini. Menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Mengikuti lomba ini, tidak hanya menjadi ajang untuk menunjukkan kemampuan, tetapi juga sebagai sarana untuk bertemu dengan banyak orang hebat dan berbakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Haris Ridwan menyampaikan harapan ke depan adalah agar lomba ini terus berlanjut dan menjadi platform yang lebih besar ke skala Nasional. Ini sebagai ajang untuk menggali potensi dan bakat dari berbagai peserta. “Semoga ke depannya lomba ini dapat semakin dikenal dan diikuti oleh lebih banyak orang, sehingga memberikan kesempatan bagi banyak individu untuk berkembang dan menunjukkan kemampuan mereka,” jelasnya. (tek, choi/ed:mn)