07 Dec 2023

Kenalkan Poltek Nuklir Kepada Siswa SMA/SMK/MA Se Kabupaten Pati

Yogyakarta – Humas BRIN.  Pada tanggal 5-6 Desember 2023, MGBK Kabupaten Pati menyelenggarakan Pameran Pendidikan MGBK Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2023/2024. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai lembaga pendidikan yang dapat dipilih untuk melanjutkan studi kepada para siswa SMA/SMK/MA yang ada di Kabupaten Pati. Di pihak yang lain lembaga pendidikan memiliki kebutuhan untuk dapat diperkenalkan kepada calon pendaftar yaitu siswa SMA/SMK/MA di Kabupaten Pati. Pada tahun ini penyelenggaraan bertempat di hotel Pati berdasarkan evaluasi dari tahun-tahun sebelumnya.

Pameran pendidikan terbesar se Kabupaten Pati ini diikuti oleh 65 lembaga pendidikan, baik Perguruan Tinggi Negeri, kedinasan maupun swasta yang berasal dari Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, maupun Jawa Barat. Acara dimulai dengan pembukaan berupa tarian Gambyong oleh siswa SMA N 2 Pati, doa bersama, sambutan-sambutan, dan pemotongan pita sebagai simbolisasi pembukaan pameran pendidikan.

Ketua  MGBK SMA/MA/SMK Kabupaten Pati (Wahid Hidayat Aly, S.Psi, S.Pd.I) dalam sambutannya menyampaikan bahwa Expo sudah berjalan 5 tahun, pada saat pandemi dilakukan secara virtual dan saat ini merupakan yang pertama dilakukan pasca Covid. “Latar belakang kegiatan adalah adanya kebutuhan siswa atas informasi studi lanjut dengan tujuan agar siswa mendapat informasi sesuai harapan, sedangkan Perguruan Tinggi dapat mensosialisasikan ke masyarakat.”imbuhnya.

Sambutan berikutnya dari Pengurus Cabang Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia (PC ABKIN) Sholekan, S.Pd, disampaikan bahwa ABKIN concern pada siswa yang bermasalah seperti perundungan, dan hal ini perlu dukungan dari semua pihak untuk mendidik, membimbing dan mengarahkan. Termasuk dalam hal ini mendukung penyelenggaraan pameran pendidikan tersebut.

Sedangkan Kepala Cabang Pendidikan wilayah 3 Provinsi Jawa Tengah (Deyas Yani Rahmawan, S.STP, MM) menyampaikan bahwa pameran menjadi wadah bagi seluruh siswa menentukan studi lanjut, baik Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta, dan Perguruan Tinggi Kedinasan. Harapan dari kegiatan ini agar potensi, bakat n minat para siswa akan ditemukan dengan melihat dan mengunjungi stand pameran yang tersedia.

Kegiatan berjalan dengan baik dan lancar ditengah kunjungan sekitar 2000 siswa dari berbagai pelosok Kabupaten Pati. Tim dari Poltek Nuklir terdiri dari Humas, Dosen dan Mahasiswa, sehingga pengunjung diharapkan dapat berinteraksi langsung menanyakan terkait pembelajaran dan prospek pekerjaan langsung kepada tim. Meskipun suasana padat dan panas namun pengunjung yang memiliki minat untuk mengetahui Poltek Nuklir tetap teratur bertanya bergiliran sambil melihat karya mahasiswa yang dipamerkan di stand Poltek Nuklir.(rtm)