16 Oct 2023

Mahasiswa Poltek Nuklir Raih Juara 1 dalam Polytechnic Creative Festival 2023

Yogyakarta-Humas BRIN. Dua mahasiswa Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia (Poltek Nuklir) BRIN berhasil meraih gelar juara satu dalam ajang Polytechnic Creative Festival (PC Fest) 2023 yang diselenggarakan Badan Koordinasi Kemahasiswaan Politeknik Se-Indonesia (Bakorma) di Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) Jakarta pada (9-11/10) lalu.

Daffa Trianda Ramadhan berhasil meraih Juara 1 Street Photography, sedangkan Renaldy Bernardo Saragih berhasil meraih Juara 1 Kategori Nilai News Writer.

“Alhamdulillah, senang sekali tentunya dapat mewakili Poltek Nuklir dan meraih juara. Semoga ke depannya dapat kembali berkontribusi di FC Fest dengan semakin baik lagi,” ujar Daffa. Dalam kesempatan tersebut, ia mengambil obyek berupa orang dengan latar belakang berbeda yang sedang bercakap-cakap di depan patung Garuda Pancasila.

“Tema yang saya ambil adalah Harmoni dalam Perbedaan,” jelasnya. Menurut Daffa, perbedaan bukanlah alasan untuk tidak berinteraksi antar sesama, namun perbedaan merupakan warna dalam setiap pertemuan dan kehidupan, perbedaan itulah yang akan memberi makna pada hidup itu sendiri. Beranekaragam bentuk, asal, budaya, latar belakang, dan tujuan bersinergi membentuk harmoni yang indah dalam hidup ini.

Senada dengan Daffa, Renaldy juga mengungkapkan rasa bahagianya dapat mengharumkan nama Poltek Nuklir. “Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk mewakili Poltek Nuklir dalam PC Fest News Writer ini. Senang rasanya bisa memberikan kontribusi terbaik dan menjadi juara dengan membawa nama Poltek Nuklir,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Renaldy mengambil judul Pengunjung Kota Tua Didominasi Milenial: Modal Besar Jaga Persatuan Guna Hadapi Potensi Perpecahan Nasional Menuju Pemilu 2024.

Sementara itu, Adi Abimanyu selaku Wakil Direktur III bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Poltek Nuklir menyampaikan ucapan selamat kepada Daffa Trianda Ramadhan dan Renaldy Bernardo Saragih atas prestasi luar biasa mereka dalam PC Fest 2023. “Poltek Nuklir sangat bangga melihat kalian berhasil meraih Juara 1 dalam kategori Street Photography dan kategori News Writer. Harapan kami adalah agar kalian terus mengembangkan bakat dan potensi kreatif di masa depan,” ungkapnya.

Abimanyu berharap, semoga kejuaraan ini menjadi awal dari banyak prestasi yang akan datang. “Teruslah menginspirasi orang lain dengan karya kreatif kalian dan terus berkontribusi dalam menjaga persatuan di Indonesia,” jelasnya.

PC Fest merupakan perlombaan di bidang media kreatif annual yang mulai diikuti oleh Poltek Nuklir sejak tahun 2022. PC Fest tahun ini mengusung tema ‘Bhinneka dalam Karya’ dengan harapan dapat menghasilkan talenta muda berbakat namun juga sedia dalam menjaga persatuan.

Diikuti oleh 19 kampus politeknik dari seluruh Indonesia, kegiatan ini merupakan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) untuk mengembangkan keterampilan mahasiswa vokasi. Program ini diharapkan mampu mendukung visi-misi pemerintah yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 dan Kampus Merdeka untuk mewujudkan kemandirian bangsa melalui pengembangan pendidikan, pelatihan, dan praktik langsung.

Terdapat sembilan kategori yang diperlombakan yakni lomba majalah kampus, media online, video dokumenter, news writer, news anchor, digital poster, painting poster, street photography, dan fashion photography. (tek, rey/ed:mn)