05 Jul 2023

Tingkatkan Daya Saing Lulusan, Poltek Nuklir Selenggarakan Pelatihan UT-L2 ASNT

Yogyakarta – Humas BRIN. Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia (Poltek Nuklir) adalah sebuah institusi pendidikan vokasi di bawah BRIN yang bertugas menghasilkan SDM Iptek profesional. Guna mewujudkan visinya sebagai perguruan tinggi vokasi teknologi nuklir berdaya saing global, Poltek Nuklir memiliki indikator kinerja yang berhubungan dengan kualitas mahasiswa.

“Prosentase lulusan Poltek Nuklir yang tersertifikasi kompetensi iptek nuklir menjadi salah satu program dari Direktorat 3 melalui UPT Pengembangan Karakter dan Karier, diantaranya adalah memberikan pembekalan sertifikasi lisensi Ultasonic Testing (UT-L2) ASNT bagi Mahasiswa Poltek Nuklir,” terang Adi Abimanyu, Wakil Direktur III bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja Sama pada pelatihan UT-L2 ASNT, Senin (3/7) lalu.

Abimanyu menambahkan, Poltek Nuklir berkomitmen untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing alumni dalam mendapatkan peluang kerja. “Oleh karenanya, pelaksanaan pendidikan dan pelatihan keahlian yang ada di Poltek Nuklir tetap akan dipertahankan dan akan semakin ditingkatkan,” ungkapnya.

Pembekalan lisensi kualifikasi personil dilakukan untuk meningkatkan kualitas SDM Mahasiswa semester delapan. “Tentu saja penyesuaian silabus pembelajaran juga harus disesuaikan untuk pemenuhan acu silang dengan materi pelatihan UT-L2 ASNT,” ujar Abimanyu.

Sertifikasi lisensi diberikan kepada Mahasiswa Poltek Nuklir setelah mengikuti ujian pelatihan oleh personel yang tersertifikasi L-3 ASNT, dan berwenang memberikan sertifikasi untuk L-1 dan L-2. “Dengan sertifikat lisensi yang berlaku Internasional, diharapkan akan semakin meningkatkan peluang dan nilai jual alumni Poltek Nuklir di dunia industri Nasional maupun Internasional,” tutupnya.

Pelatihan diikuti sebanyak 22 peserta yang terdiri dari Mahasiswa Prodi Elektro Mekanika dan Elektronika Instrumentasi. Pembekalan ini diharapkan akan dapat meningkatkan kompetensi dan daya saing dalam mencari peluang kerja. Pelatihan dan ujian lisensi UT L-2 ASNT Mahasiswa Poltek Nuklir tersebut dilaksanakan pada tanggal 3-14 Juli 2023. (tek, tm/ed:mn)