24 Feb 2023

Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Poltek Nuklir Tahun 2023 Bagi Guru MGBK Kab. Sleman dan DIY

(Yogyakarta, 23/2/23). Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia (Poltek Nuklir) BRIN menyelenggarakan sosialisasi Profil dan Penerimaan Mahasiswa Baru Poltek Nuklir bagi guru MGBK Kab. Sleman dan DIY pada Rabu (22/2). Kegiatan yang diikuti sekitar 73 guru BK dari 57 SMA/SMK baik Negeri maupun Swasta tersebut dilaksanakan sebagai upaya pengenalan Poltek Nuklir yang merupakan perguruan tinggi Vokasi Nuklir di Indonesia.

Muhtadan, Wakil Direktur I Poltek Nuklir bidang akademik menyampaikan bahwa kolaborasi dan kerjasama dengan sekolah harus terus didorong untuk mencetak talenta-talenta nuklir Indonesia kedepan. “Kami berharap kolaborasi dan kerjasama antara Poltek Nuklir dan sekolah dapat terjalin dengan baik. Dalam hal ini, Poltek Nuklir memiliki tugas mencetak talenta-talenta nuklir Indonesia,” ungkapnya. Muhtadan berharap, kegiatan ini dapat memberikan literasi mendalam terkait profil serta aplikasi iptek nuklir kepada siswa/i melalui para guru BK masing-masing yang hadir dalam kegiatan ini.

Sementara itu, dalam pemaparannya tentang Poltek Nuklir, Muhtadan menjelaskan bahwa Poltek Nuklir merupakan perguruan tinggi vokasi program diploma IV yang memiliki tiga program studi, yaitu Teknokimia Nuklir, Elektronika Instrumentasi dan Elektro Mekanika dengan standar capaian yang berbeda satu sama lain. “Pada tahun akademik ini, Poltek Nuklir membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru dalam 2 jalur yaitu jalur Prestasi dengan presentase 30% dan Jalur Ujian Tulis dengan presentase 70%,” jelasnya.

Lebih lanjut Muhtadan menjelaskan, bahwa untuk jalur prestasi, Poltek Nuklir mensyaratkan siswa yang mendaftar haruslah siswa lulusan tahun ajaran 2023 dengan rata-rata nilai raport 7,25 pada skala 10 dan 2,9 pada skala 4 yang didukung dengan prestasi lainnya melalui tahapan seleksi administrasi hingga wawancara secara online. Untuk jalur ujian tulis, penerimaan didasarkan pada hasil tes yang diadakan untuk siswa/i lulusan tahun ajaran 2021 hingga 2023 yang akan melalui seleksi administrasi, potensi akademik, hingga wawancara.

Poltek Nuklir juga memiliki fasilitas yang lengkap dalam menunjang kegiatan mahasiswa, termasuk dormitory (asrama) mahasiswa, serta beasiswa berupa bantuan studi bagi Mahasiswa Poltek Nuklir dengan mekanisme pemenuhan Capaian kinerja mahasiswa (CKM) dari skema Barista (Bantuan riset dan talenta) BRIN yang memungkinkan bahwa seluruh mahasiswa Poltek Nuklir mendapat beasiswa ini dan dibebaskan dengan pembayaran biaya studi selama berkuliah di Poltek Nuklir.

Selain penjelasan tentang profil dan PMB Poltek Nuklir, dalam kesempatan tersebut, peserta sosialisasi juga mendapatkan pemaparan terkait dengan aplikasi iptek nuklir, mulai  dari definisi radiasi hingga jenisnya di kehidupan, manfaat hingga bahaya radiasi jika terpapar dalam jumlah melewati ambang batas bagi tubuh, hingga diakhir dijelaskan mengenai aturan dan tata cara pencegahan serta keselamatan di area Radiasi Nuklir yang disampaikan oleh Halim Hamadi, salah satu dosen di Poltek Nuklir.

Sementara itu, Eko Yulianto selaku ketua MGBK Kab. Sleman menyampaikan, bahwa kegiatan ini dapat memberikan pemahaman mengenai dunia kenukliran secara langsung kepada guru BK yang harapannya akan menjadi informasi yang disampaikan kepada siswa. “Saat ini para guru harus berfokus pada fakta bahwa literasi yang rendah memegang peranan terhadap tingginya angka kesalahan mahasiswa Indonesia dalam memilih jurusan yang mencapai angka 87%,” ungkapnya.

Eko berharap, kerjasama antara guru BK dengan Poltek Nuklir dapat berjalan saling menguntungkan dan terjalin secara erat. “Semoga kerjasama anatara guru BK dan Poltek Nuklir dapat terjalin dengan erat, sehingga terjadi sebuah hubungan mutualisme,” harapnya.

Sebagai akhir kegiatan, peserta diajak mengunjungi Laboratorium Instrumentasi Medik dan Fasilitas Iradiator yang ada di Poltek Nuklir dan juga Reaktor Kartini. Harapannya dengan pengenalan fasilitas ini, peserta dapat mengetahui secara langsung mengenai apa yang dimaksud dengan Nuklir dan pemanfaatannya serta bagaimana protokol keselamatan kerja di area Radiasi Nuklir diterapkan. (Rey,Tek, Rtm)