19 Aug 2022

Pengabdian Masyarakat di Bumi Kartini, Poltek Nuklir Gunakan Betatron SEA-7

(Yogyakarta, 18/8/220). Kegiatan Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia (Poltek Nuklir) BRIN dalam mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi diantaranya dengan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu bentuknya adalah melaksanakan inspeksi ke PLTU Tanjung Jati B (PLTU TJB) bersama dengan PT. Andalan Cipta Abadi, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang Maintenance Power dan NDT pada tanggal 8 – 11 Agustus 2022 lalu.

PT. Andalan Cipta Abadi melaksanakan inspeksi ini bekerja sama dengan Poltek Nuklir dikarenakan keterbatasan peralatan inspeksi yang dimilikinya untuk radiografi material yang sangat tebal (diatas 100 mm). “Di Indonesia, baru Poltek Nuklir yang memiliki alat X-ray energi tinggi, mampu menembus ketebalan pipa, serta sudah mendapatkan izin operasi dari BAPETEN,” jelas Tasih Mulyono, Ahli Radiografi Poltek Nuklir BRIN.

Menurutnya, objek radiografi di PLTU TJB kali ini memiliki ukuran diameter luar 530 mm, dan tebal satu dindingnya 87 mm. Hal ini berarti untuk pemeriksaan lasannya harus mampu menembus dua dinding material yaitu 194 mm. “Untuk rentang ketebalan seperti ini, dengan material Fe atau Carbon Steel, hanya dapat diinspeksi radiografi menggunakan Betatron yang memiliki energi 3-7 MeV (Betatron SEA-7 dan CRX Vision),” tambahnya.

Ini menjadi momentum penting bagi Poltek Nuklir dalam membantu mitra BRIN. “Poltek Nuklir dapat membantu instansi luar dalam hal ini PLTU PJB dalam pemeriksaan pipa instalasi yang sangat tebal, dengan memanfaatkan aplikasi iptek nuklir,” ungkapnya.

Tasih berharap kegiatan ini dapat membantu menyelesaikan masalah industri terkait memastikan kondisi Pipa MSP-MSV pada instalasi pembangkit PLTU TJB. Disamping itu, sekaligus sebagai sarana untuk mengenalkan Poltek Nuklir ke dunia industri terkait kemampuan di bidang NDT dari segi kemampuan mahasiswa, tendik, dosen, serta peralatannya. “Kami berharap dengan kegiatan pengabdian masyarakat seperti ini dapat membuka peluang/penjajagan untuk mengembangkan jaringan kerja sama dengan pihak industri, serta meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan wawasan, yang dapat dimanfaatkan dalam meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di Poltek Nuklir,” harapnya lebih lanjut.

Sementara itu, Galang Wahyu, Mahasiswa Poltek Nuklir yang ikut dalam kegiatan ini menyampaikan rasa bangganya sebab dapat mengimplementasikan ilmunya secara langsung melalui kegiatan pengabdian masyarakat Poltek Nuklir. “Bangga dan senang atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk terlibat secara langsung dalam kegiatan pengabdian masyarakat Poltek Nuklir ini,” ujarnya. Melalui kegiatan ini, ia dapat mengimplementasikan ilmu yang diperoleh, khususnya bidang NDT. (Tek, Tm/Ed:Mn)

Set-Up Pemasangan Mesin Betatron untuk pengambilan Ciitra Pipa MSP-MSV (In-Let)

Leave a Reply

Your email address will not be published.