23 Dec 2021

Ketua BEM Poltek Nuklir 2022 Fokus Penguatan Internal Keluarga Mahasiswa dan Branding Eksternal Poltek Nuklir

(Yogyakarta, 23/12/21). Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia (Poltek Nuklir) – BRIN melantik ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STTN-BATAN tahun 2022, Gabreal Saputra pada Sabtu (18/12). Pelantikan dilaksanakan secara offline terbatas oleh Wakil Direktur III bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja Sama, Adi Abimanyu, M. Eng. Hadir juga dalam kesempatan tersebut Plt. Direktur Poltek Nuklir, Dr. Muhtadan, M. Eng.

Gabreal yang terpilih sebagai ketua BEM pertama Poltek Nuklir menyatakan sangat bersyukur atas amanah yang diberikan kepadanya. “Saya berharap dukungan dan kerjasama dari semua pihak agar amanah yang diberikan ini bisa berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat bagi semuanya,” ujarnya.

Ia mengusung visi menjadikan BEM Poltek Nuklir – BRIN sebuah organisasi yang inovatif, kreatif, dan kolektif di bidang eksternal maupun internal. Selain itu, misinya adalah untuk saling berintegrasi dan bersinergi dengan seluruh potensi civitas akademika dalam meraih prestasi di segala bidang, serta melakukan penanaman karakter kritis, adaptif, dan solusional bagi seluruh mahasiswa Poltek Nuklir – BRIN.

Gabreal berharap dalam masa kepemimpinannya penguatan internal Keluarga Mahasiswa (KM) Poltek Nuklir – BRIN dan juga branding eksternal Poltek Nuklir – BRIN dapat berjalan lebih maksimal. “Tentunya tak lupa harapan kami bisa memenuhi kebutuhan mahasiswa selama 1 periode ini dan mencetak prestasi di segala bidang, agar tercipta memori ataupun sejarah baik dari BEM KM Poltek Nuklir – BRIN,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Direktur III bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja Sama, Adi Abimanyu, M. Eng menyampaikan pesan kepada pengurus yang dilantik agar dapat menjalankan amanah dengan baik, saling berkoordinasi, berkolaborasi antar sesama organisasi yang ada di lingkungan Poltek Nuklir, serta dengan pihak kampus. “Kami dari pihak kampus berharap, pengurus dapat menjalan amanah dengan baik serta segala kegiatan untuk bisa dikomunikasikan dengan pihak kampus,” ungkapnya. Selain itu, Adi juga mengapresiasi atas terlaksananya proses Pemilihan Umum Raya (Pemira) ini dengan baik.

Pelaksanaan Pemira telah berlangsung dari bulan Oktober 2021. Sosialisasi tata tertib Pemira dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2021, dengan ketentuan point jumlah suara untuk CakaBEM agar dapat dikatakan sah terpilih harus memperoleh nilai suara sebesar 50% + 1 dari jumlah suara yang terekap. Jika jumlah suara yang diperoleh tidak melebih syarat yang disebutkan sebelumnya, maka akan diadakan pemilihan putaran kedua yang hanya dapat diikuti oleh 2 CakaBEM dengan perolehan suara tertinggi. Rangkaian kedua adalah kegiatan pengambilan nomor urut yang dilaksanakan tanggal 25 Oktober 2021. Penyampaian visi misi terbuka dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober 2021 dan dilanjutkan dengan kegiatan debat terbuka yang dihelat secara semi daring melalui zoom meeting pada tanggal 12 November 2021. Proses pemilihan dilaksanakan pada tanggal 16 hingga 17 November 2021. Dalam pelaksanaanya, hasil suara dari perwakilan tiap CakaBEM yang mencalonkan diri tidak ada yang memenuhi syarat, sehingga pada tanggal 22 – 23 November 2021 dilaksanakan pemilihan putaran kedua. Hingga terpilihlah Gabreal Saputra sebagai ketua BEM periode tahun 2022.

Selain melantik ketua BEM, dalam waktu yang sama juga dilaksanakan pelantikan pengurus Keluarga Mahasiswa Poltek Nuklir tahun 2022. Terdiri atas Pengurus Mahkamah Mahasiswa (MM), Pengurus Lembaga Pemilihan Mahasiswa (LPUM), Pengurus Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), dan Pengurus BEM. Pelantikan pengurus ini merupakan pelantikan KM yang pertama setelah STTN-BATAN berubah nama secara resmi menjadi Poltek Nuklir-BRIN. (Tek/Ady/Ed: Mn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.