25 Apr 2021

STTN Bangun Student Center untuk Pengembangan Softskill Mahasiswa

(Yogyakarta, 23/4/21). Dalam rangka pengembangan (revitalisasi) Dormitory bagi Mahasiswa, Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN) pada tahun 2021 ini mulai melaksanakan pembangunan Student Center. Peletakan batu pertama sebagai simbol dimulainya pembangunan dilakukan oleh Dr. Sukarman, M. Eng (plt. Ketua STTN), Prof. Ir. Syarif (plt. Kepala PSTA) dan Edy Giri Rachman Putra, Ph. D (ketua STTN periode 2016 sampai dengan 5 April 2021) pada hari Jum’at, 23 April 2021.

“Student Center menjadi bagian dari kegiatan pengembangan pendidikan karakter mahasiswa STTN. Diharapkan, dengan dibangunnya Student Center ini, mahasiswa akan lebih maksimal dalam memanfaatkan, khususnya untuk menunjang sisi softskill,” ungkap Sukarman dalam sambutannya. Sukarman juga menjelaskan, bahwa harus ada keseimbangan antara softskill dan hardskill bagi mahasiswa dan lulusan STTN, dan Student Center menjadi bagian menyeimbangkan antara hardskill dan softskill tersebut.

Sementara itu, Edy Giri dalam sambutannya menceritakan bagaimana awal mula dicetuskannya rencana pembangunan Student Center, yaitu merupakan hasil inputan dan diskusi dari mahasiswa terkait dengan pengembangan mahasiswa. “Marilah kita bekerja sama untuk menjadikan STTN sebagai Perguruan Tinggi seutuhnya, menuju Perguruan Tinggi Vokasi yang berdaya saing global,” ungkapnya.  Edy Giri juga berharap, kedepan lulusan STTN akan semakin kuat hardskillnya dengan dilengkapinya peralatan dan fasilitas pendidikan serta kuat softskillnya dengan pendidikan karakternya.

Student Center dibangun dengan luas 16 x 24 m dan direncanakan akan dibangun dengan dua lantai, yang mana lantai 1 diperuntukkan sebagai ruang-ruang Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan lantai 2 diperuntukkan sebagai ruang / fasilitas olahraga. Selain itu, pada salah satu sisi gedung, akan dimanfaatkan sebagai area wall climbing, yang diharapkan dapat menjadi sarana pembentuk karakter dasar, keahlian dasar yang dibutuhkan dilapangan saat bekerja nanti. (tek)

Leave a Reply