13 Feb 2019

Mahasiswa DTNTF UGM Melaksanakan Kunjungan ke STTN

(Yogyakarta, 12/2/19) Sebanyak delapan mahasiswa dari program studi Teknik Fisika, Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika (DTNTF), UGM pada hari Selasa, 12 Februari 2019 melaksanakan kunjungan ke Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN). Kunjungan dilaksanakan dalam rangka menambah pengetahuan mahasiswa dalam pengerjaan Tugas Akhir dengan tema Non Destructive Testing (NDT).

Dr.-Ing. Singgih Hawibowo selaku dosen pembimbing menyampaikan bahwa selain menambah pengetahuan mahasiswa tentang NDT, kegiatan tersebut juga dilaksanakan dalam rangka mendukung peran BATAN sebagai center of excellent di bidang NDT. “Beberapa mahasiswa dari program studi Teknik Fisika, DTNTF UGM berminat untuk mengambil tema terkait dengan NDT untuk Tugas Akhirnya. Untuk itulah, mahasiswa tersebut kami ajak ke sini. Kami berharap, dengan adanya beberapa mahasiswa kami yang tertarik dengan NDT, dapat turut mendukung peran BATAN sebagai center of excellent di bidang NDT,” jelasnya.

Pada kunjungan kali ini, pengunjung diterima di ruang jurusan Teknofisika Nuklir, yang dilanjutkan dengan kunjungan ke laboratorium guna memberikan pemahaman serta gambaran secara nyata. Pengunjung di ajak secara langsung melihat cara pengoperasian alat Ultrasonic Testing, Eddy Current Test, UT Phased Array serta Digital Radiography. Selesai melaksanakan kunjungan, beberapa mahasiswa terlihat antusias untuk mengambil Tugas Akhir dengan tema NDT. “Jika ada mahasiswa yang tertarik mengambil TA dengan memanfaatkan NDT di STTN, maka pembimbing 1 adalah dari UGM, dan pembimbing 2 dari STTN,” tutup Dr. –Ing. Singgih Hawibowo selaku pembimbing kunjungan. (tek)

Leave a Reply

Your email address will not be published.