08 Jul 2024

Raih Best Creativity, Mahasiswa Poltek Nuklir Paparkan Desain Aplikasi Metaverse Go Nuclear (MON)

Yogyakarta-Humas BRIN. Mahasiswa Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia (Poltek Nuklir) BRIN berhasil menjadi Best Creativity dalam Kompetensi Mahasiswa Informatika Politeknik Nasional (KMIPN) 2024 yang diselenggarakan oleh Badan Koordinasi Kemahasiswaan Politeknik se-Indonesia (Bakorma) pada (1-4/7) lalu.

Pada kompetensi tersebut, Poltek Nuklir menerjunkan tiga tim. Tim 1: ‘Bismillah Juara’ terdiri dari Sahara Eka Kencana Murni, Fikri Raihan Oktabrian, dan Abhisheh Rukhan untuk kategori Cipta Inovasi. Tim 2: ‘Bengkel Pesawat’ terdiri dari Aditia Pawaid, Naufal Avicena Taufiq, dan Risqi Berliana Rahmantari untuk kategori E-Government. Sedangkan tim 3: ‘Fallout Squad’ terdiri Daffa Arkhan Baihaqi, Haris Ridwan Jihaudin, dan Arfanny Yusuf Habibie untuk kategori Internet of Things (IoT).

Menjadi tim yang berhasil menyabet predikat Best Creativity, tim Bismillah Juara menjelaskan ide aplikasi tersebut sebagai respon terhadap kebutuhan akan pendidikan yang lebih interaktif dan inklusif mengenai teknologi nuklir di Indonesia. “Kami menciptakan gagasan dan inovasi aplikasi ‘METAVERSE GO NUCLEAR (MON)’. Aplikasi ini rencananya berbentuk mobile application yang nantinya dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat di Play Store/App Store,” ungkap Sahara selaku ketua tim ‘Bismillah Juara.’

Lebih lanjut Ara menjelaskan di dalam metaverse atau dunia virtual MON tersebut, nantinya pengguna dapat membuat avatar sesuai keinginan. “Setelah itu, akan ada safety induction seperti tata cara penggunaan APD dan kondisi kedaruratan sebelum memasuki kawasan teknologi nuklir. Kemudian di dalam kawasan, terdapat bermacam teknologi nuklir seperti Sinar-X Medik, Reaktor Nuklir, Akselerator, Iradiator, dan Siklotron. Juga terdapat Ruang Pameran dan Ruang Diskusi. Kami juga menyediakan AI yang diberi nama Zemon (Netizen MON) yang dapat menjawab semua pertanyaan dari pengguna teknologi nuklir,” jelasnya.

Ara meyakini, melihat kurangnya edukasi nuklir dalam kurikulum saat ini dan minat masyarakat yang ambigu terhadap energi nuklir, inovasi tersebut dapat dikembangkan lebih lanjut. “harapannya dapat memberikan kontribusi yang positif tentang teknologi nuklir kepada generasi muda dan masyarakat pada umumnya,” paparnya.

Adi Abimanyu selaku Wakil Direktur III bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Poltek Nuklir menyampaikan rasa bangga atas kerja keras dan prestasi yang kembali ditorehkan Mahasiswa Poltek Nuklir. “Saya bangga dan mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada tim mahasiswa Poltek Nuklir BRIN yang berhasil meraih predikat Best Creativity dalam KMIPN 2024 ini,” ungkapnya.

Menurutnya, keberhasilan tidak hanya menunjukkan keunggulan inovasi dan kreativitas mahasiswa,  tetapi juga menegaskan komitmen Poltek Nuklir dalam mendukung pengembangan pendidikan teknologi nuklir yang interaktif dan inklusif di Indonesia. “Prestasi ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh mahasiswa untuk terus berkarya dan berinovasi, serta memberikan kontribusi nyata dalam memajukan teknologi nuklir di tanah air,” tandasnya.

Halim Hamadi selaku dosen pembimbing berpesan kepada para anggota tim untuk tetap berjuang dan semangat. “Ide yang kreatif perlu dituangkan dalam gambar design yang baik, yang tidak hanya sebatas menjadi ide, tetapi benar-benar dapat dibuat sebuah aplikasi yang dapat membantu dalam edukasi kenukliran bagi masyarakat Indonesia,” ungkapnya.

Ia berharap, kedepan mahasiswa Poltek Nuklir dapat lebih banyak menghasilkan karya bidang informatika yang objeknya adalah nuklir, sehingga masyarakat Indonesia akan banyak mengenal nuklir.

KMIPN merupakan ajang bergengsi tahunan bagi institusi Perguruan Tinggi Vokasi di bidang Informatika. Mengusung tema ‘Inovasi Vokasi untuk Tren Informatika Masa Depan’, KMIPN tahun 2024 kali ini diselenggarakan di Politeknik Negeri Jakarta. (tek,rtm/ed:mn)