07 Feb 2024

Poltek Nuklir Tawarkan Dua Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru tahun 2024

Yogyakarta-Humas BRIN. Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun akademik 2024/2025 Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia (Poltek Nuklir) saat ini tengah berlangsung. Melalui dua jalur penerimaan yaitu jalur prestasi dan jalur ujian tulis, pada tahun ini Poltek Nuklir menerima mahasiswa baru sebanyak 180 orang. “Saat ini Poltek Nuklir sedang membuka jalur Prestasi yang diperpanjang hingga tanggal 18 Maret 2024. Jalur ini diperuntukkan bagi siswa kelas XII/kelas terakhir SLTA/SMA/SMK/MA Sederajat program eksakta tahun ajaran 2023/2024,” terang Rita Tyas, Humas Poltek Nuklir saat melaksanakan sosialisasi kepada siswa kelas XII SMA IT Bina Umat, Yogyakarta pada Senin (5/2) lalu.

Poltek Nuklir yang merupakan Perguruan Tinggi vokasi dibawah BRIN, saat ini memiliki tiga program studi yaitu Teknokimia Nuklir, Elektronika Instrumentasi, dan Elektro Mekanika. Masing-masing prodi tersebut akreditasinya adalah Baik Sekali. “Jika dilihat dari serapan alumninya, maka terlihat bahwa sebagian besar lulusan memilih industri sebagai peluang kerjanya,” ungkapnya.

Menurut Rita hal tersebut dikarenakan mahasiswa Poltek Nuklir memiliki fasilitas untuk mendapatkan dua sertifikasi kompetensi yang sangat bermanfaat dalam dunia kerja. Bagi Mahasiswa yang memiliki prestasi, akan mendapatkan tambahan satu sertifikasi kompetensi lagi.

Saat ini Poltek Nuklir memiliki lima sertifikasi kompetensi yang ditawarkan. “Untuk sertifikasi yang wajib bagi semua program studi adalah sertifikasi Petugas Proteksi Radiasi (PPR) Industri tingkat 1, sedangkan sertifikasi PPR Media, Ultrasonic Testing level 2, Operator Radiografi tingkat 1 serta Analis Pengolah Limbah bersifat pilihan,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rita juga menjelaskan fasilitas-fasilitas BRIN untuk Poltek Nuklir, pemagangan industri bagi mahasiswa Poltek Nuklir, juga kesempatan mahasiswa Poltek Nuklir berkiprah di taraf internasional. “Mahasiswa Poltek Nuklir sangat didorong mengikuti berbagai macam kegiatan dalam skala nasional maupun internasional, seperti mengikuti pelatihan, seminar, bahkan kegiatan yang diselenggarakan oleh IAEA,” tambahnya.

Selain melakukan sosialisasi ke sekolah, Poltek Nuklir juga aktif mengikuti pameran pendidikan yang diselenggarakan sekolah. Beberapa kegiatan pameran yang telah diikuti Poltek Nuklir antara lain:

  1. Madiun Expo yang diselenggarakan MGBK Kota Madiun pada 8 Januari 2024
  2. ABBS Expo yang diselenggarakan SMA ABBS Surakarta pada 10 Januari 2024
  3. Expo Perguruan Tinggi di SMA N 1 Cangkringan yang diselenggarakan SMA N 1 Cangkringan pada 29 Januari 2024
  4. Expo Pendidikan di Madrasah Muallimaat Yogyakarta yang diselenggarakan Madrasah Muallimaat Yogyakarta pada 30 Januari 2024
  5. Lokakarya Pendidikan Tinggi di SMA N 1 Wates yang diselenggarakan SMA N 1 Wates pada 31 Januari 2024
  6. Edu Expo di SMA N 1 Depok yang diselenggarakan SMA N 1 Depok pada 31 Januari 2024
  7. Sosialisasi siswa kelas XII IPA di SMA IT Bina Umat pada 5 Februari 2024
  8. Mansaku: Edu and Job’s Fair 2024 yang diselenggarakan MAN 1 Kulon Progo pada 7 Februari 2024.

Respon dari siswa dan peserta pameran yang lain termasuk jajaran pendidik di sekolah tujuan pameran sangat baik. Pihak sekolah terbantu yang mana para siswa mendapat tambahan informasi mengenai perguruan tinggi yang memungkinkan sebagai tempat melanjutkan studi. Para siswa juga memiliki kesempatan untuk berkonsultasi terkait proses pembelajaran, dan tata cara pendaftaran di Poltek Nuklir. Harapan lebih lanjut para siswa dapat melanjutkan studi, meraih masa depan yang tepat dan sesuai dengan bakat serta minatnya.(tek, rtm/ed:mn)