05 Dec 2023

Nuclympic 2023, Lahirkan Talenta Muda di Bidang Olahraga dan Seni

(Humas BRIN) Pada hari Jumat (13/10) telah dilaksanakan pembukaan Nuclear Olympic (Nuclympic) 2023  di Auditorium Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia (Poltek Nuklir). Kegiatan resmi dibuka oleh Wakil Direktur 3 Poltek Nuklir, Adi Abimanyu, M.Eng ditandai dengan pemotongan pita merah. Nuclympic merupakan kegiatan perlombaan baik dibidang olah raga maupun seni. Tahun ini tema yang diusung adalah,”Merayakan Kebijaksanaan Wargantara dengan Menciptakan Jiwa Berseri oleh Tradisi Tersembunyi.”

Adi Abimanyu dalam sambutannya mengatakan,“Output yang diharapkan dari Nuclympic adalah talenta-talenta baru yang akan membawa nama Poltek Nuklir ketika maju dalam suatu perlombaan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa kampus Poltek Nuklir sangat mendukung mahasiswanya untuk mengikuti perlombaan baik akademik maupun non akademik guna mengharumkan nama kampus tercinta, Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia- BRIN Yogyakarta.”

Samuel Fabian Crespo selaku Wakil Ketua Pelaksana Nuclympic 2023 berharap,“Semoga Nuclympic 2023 ini dapat meningkatkan minat bakat mahasiswa baik dalam bidang akademik maupun non akademik, meningkatkan rasa kompetitif yang sehat, meningkatkan rasa sportivitas yang tinggi, dan yang paling penting, semoga kegiatan Nuclympic ini dapat melahirkan nama-nama mahasiswa berbakat yang siap menjadi delegasi terbaik Poltek Nuklir ketika ada kompetisi bertaraf nasional maupun internasional di luaran sana.”

Nuclympic akan berlangsung selama kurang lebih 2,5 bulan, dari tanggal 13 Oktober-3 Desember 2023, dan melibatkan puluhan mahasiswa dari masing-asing kelas dan perwakilan berbagai organisasi yang ada di Keluarga Mahasiswa (KM) Poltek Nuklir. Berbagai lomba akan diperebutkan juaranya oleh setiap kelas. Cabang lomba yang ada di tahun ini berjumlah lima belas yang diantaranya adalah badminton, story telling, tenis meja, kelas dalam arena, wall climbing, futsal, catur, panahan, PES, Mobile Legends, fotografi, basket, short movie, fashion show, dan live music. Tentunya rangkaian kegiatan akan dilaksanakan setelah selesai kuliah ataupun pada saat hari libur sehingga perkuliahan tidak akan terganggu.

Lomba pertama yang telah terlaksana pada hari Minggu (15/10) adalah cabang olahraga badminton. Antusiasme mahasiswa pada hari pertama Nuclympic tidak perlu dipertanyakan lagi. Semua kelas yang dijadwalkan bertanding telah mengirimkan perwakilan terbaiknya, salah satu contoh adalah Hilya Milatul Rosyida perwakilan dari TKN 22 yang berhasil memenangkan pertandingan melawan Elmek 21 pada cabang lomba badminton tunggal putri. Tak hanya dari atlet yang totalitas, para supporter masing-masing kelas juga tak mau kalah. Suara kompak supporter dipadu dengan alat musik drum-band membuat gedung Student Center layaknya stadion megah di luaran sana.

Dibalik acara yang besar dan meriah ini tentunya ada panitia hebat yang telah mempersipakan konsep acara dan perlengkapannya. Menurut Afif, salah satu panita dari Nuclympic 2023, kegiatan nuclympic ini sudah dipersiapkan dari jauh-jauh hari oleh panitia agar kesuksesan acara dapat dicapai. Tak hanya di  persiapan, panitia juga akan bekerja secara maksimal pada setiap rangkaian kegiatan agar Nuclympic yang merupakan kegiatan wajib tahunan mahasiswa Poltek Nuklir ini berjalan dengan sukses.

Harapanya seluruh mahasiswa akan terus berpartisipasi secara aktif dan mengobarkan semangat sampai terselesainya rangkaian acara. Menurut beberapa mahasiswa angkatan 2023 yang baru merasakan euphoria Nuclympic pada tahun ini, mereka mengaku acara ini benar-benar seru, menyenangkan, dan dapat me-refreshkan pikiran setelah seharian menjalani perkuliahan di kelas. Nuclympic ini bukan hanya semata-mata untuk bersenang-senang, melainkan juga ajang untuk mencari bakat mahasiswa.

Keseluruhan perlombaan memberikan hasil yaitu kelas Teknokimia Nuklir 2022 berhasil menempati posisi pertama di klasemen akhir dengan perolehan 3 medali emas, 4 medali perak, 3 medali perunggu, dan total point akhir sebesar 61 point. Disusul oleh pendatang baru, kelas Elektro Mekanika 2023 memperoleh 4 medali emas, 2 medali perak, 1 medali perunggu serta total point akhir sebesar 58 point. Juara umum Hima tahun ini disabet oleh Hima EMC (Elektro Mekanika).

Panitia Nuclympic di bawah naungan BEM periode 2022/2023 berhasil menyelenggarakan penutupan Nuclympic dengan sangat meriah pada tanggal 3 Desember 2023. Komponen-komponen acara pada malam puncak (penutupan) mengusung tema kearifan lokal dan bahkan Dana Usaha yang menggunakan gerobak angkringan menjadi sorotan. Presiden Mahasiswa Poltek Nuklir Periode 2022/2023, Amir Cinde Parikesit pada laman akun Instagram pribadinya sangat berterima kasih dan mengapresiasi kerja keras dari seluruh panitia yang terlibat.

Acara dibuka dengan fashion show dari setiap pasangan perwakilan kelas dengan mengenakan pakaian daerah dengan variasi dan modifikasi hasil karya mereka sendiri dengan iringan live music berisi berbagai lagu daerah dan lagu pop yang diperdengarkan secara apik.

Penutupan Nuclympic 2023 ini akan selalu terkenang dengan baik dan begitu juga dengan daftar atlet-atlet jebolan Nuclympic semoga dapat menjadi delegasi Poltek Nuklir untuk dapat bersaing di perlombaan bertaraf nasional maupun  internasional. Dokumentasi dan informasi mengenai pelaksanaan Nuclympic tersimpan rapi di akun instagram resmi Nuclympic, @nuclympicpolteknuklir. (dsp, rtm)