27 Nov 2023

Jalin Sinergi Organisasi, Poltek Nuklir Gelar Capacity Building

Yogyakarta-Humas BRIN. Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi bagian penting dalam mewujudkan visi, misi, serta tujuan organisasi. SDM diperlukan untuk mengelola organisasi secara sistematis, terencana, dan terpola sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai. “Salah satu aset instansi adalah pegawai. Itu menjadi aset berharga dalam sebuah organisasi yang harus dikelola dengan baik,” ucap Tuti Handayani, motivator dari PT. Indo Bismar Kreatif Center dalam pelaksanaan Capacity Building pegawai Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia (Poltek Nuklir) BRIN pada Jum’at (24/11) lalu.

Sebagai aset sejati organisasi, seorang pegawai harus memiliki motivasi diri yang tinggi untuk membantu menyelesaikan masalah organisasi, memiliki kualitas kerja yang tinggi, memiliki nilai tambah, bersemangat, dan memancarkan antusiasme. “Seorang pegawai juga diharapkan memiliki kreativitas serta jeli melihat peluang,” ungkapnya.

Selain itu, seorang pegawai harus memiliki nilai Knowledge, Skill and Attitude (KSA). “Pengetahuan, ketrampilan, perilaku/sikap menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Jadikan kelebihan sebagai motivasi, kenali diri sendiri. Berikan pelayanan yang berakhlak,” ucap Tuti.

Menjadi pribadi yang bermanfaat juga merupakan salah satu karakter yang harus dimiliki setiap manusia. Semua kemanfaatan yang diberikan kepada orang lain akan kembali ke diri sendiri, termasuk dalam pengelolaan organisasi. “Oleh karenanya, kita seharusnya bukan hanya mencari manfaat dari orang lain bahkan memanfaatkan orang lain demi kepentingan kita sendiri, tetapi kita harus bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Lakukanlah hal yang bermanfaat untuk orang lain,” tegasnya.

Menururtnya dalam sebuah organisasi, kerjasama, kekompakan, dan dukungan dari semua pihak penting dilakukan untuk mencapai tujuan bersama. “Saling peduli, kompak, dan kerja keras demi mewujudkan tujuan bersama. Anda adalah apa yang anda pikirkan. Think positive and do positive things,” tutup Tuti.

Sementara itu, Direktur Poltek Nuklir Zainal Arief dalam sambutannya menyampaikan bahwa setiap bagian dari organisasi hendaknya memiliki kontribusi sesuai dengan tanggung jawabnya masing-masing. “Setiap kita memiliki tanggung jawab. Berikanlah layanan pendidikan yang bermutu. Tingkatkan kapasitas diri untuk mewujudkan tujuan bersama,” ungkapnya.

Capacity Building merupakan kegiatan yang dilaksanakan Poltek Nuklir dalam membangun interaksi, komunikasi, kesepahaman dan kebersamaan sebagai upaya meningkatkan kinerja organisasi. Tema yang diangkat untuk pelaksanaan Capacity Building tahun 2023 kali ini adalah Pegawai Poltek Nuklir yang berorientasi pelayanan, akuntable, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, kolaboratif untuk organisasi yang Santun, Amanah dan Elite. (tek/ed:mn)