31 May 2023

BRIN Fasilitasi Perolehan Sertifikasi bagi Mahasiswa Poltek Nuklir

Yogyakarta-Humas BRIN. Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia (Poltek Nuklir) merupakan institusi pendidikan vokasi di bawah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dengan tugas menghasilkan sumber daya manusia (SDM) profesional. Poltek Nuklir berkomitmen untuk terus meningkatkan kompetensi dan daya saing alumni.

Salah satu implementasinya, Poltek Nuklir memberikan tambahan sertifikasi/kompetensi bagi Mahasiswa program studi Elektro Mekanika sebagai petugas radiografi tingkat-1 (Operator Radiografi/OR). “Pembekalan lisensi kualifikasi personil dilakukan untuk meningkatkan kualitas SDM Mahasiswa dalam mendukung kegiatan magang ke industri selama 6 bulan pada awal semester 7,” ungkap Adi Abimanyu, Wakil Direktur III bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Poltek Nuklir dalam pelatihan OR yang dilaksanakan pada Senin (29/5) lalu.

Menurutnya dengan memiliki sertifikasi kualifikasi radiografi level-1 tersebut, mahasiswa Poltek Nuklir diharapkan akan lebih dipercaya instansi atau perusahaan tempat mereka bekerja/melaksanakan magang. “Dengan memiliki sertifikat lisensi yang berlaku Internasional dan SIB Bapeten yang berlaku Nasional, diharapkan akan semakin meningkatkan kepercayaan, peluang, dan nilai jual alumni di dunia industri Nasional dan Internasional,” tegas Abim.

Mentor dalam pelatihan ini adalah pengajar dari Poltek Nuklir yang memiliki kualifikasi di bidang Radiografi dan Proteksi Radiasi. Sertifikat lisensi diberikan kepada peserta pelatihan setelah mengikuti ujian pelatihan oleh Lembaga Sertifikasi Personel (LSP) yang telah terakreditasi.  “Dengan mendapatkan sertifikasi Lisensi dari LSP, menjadikan bukti untuk mendapatkan validasi Surat Ijin Bekerja (SIB) sebagai Radiografer tingkat-1 dari Bapeten,” pungkasnya.

Pelatihan OR diselenggarakan dari tanggal 29 Mei – 8 Juni 2023 diikuti sebanyak 30 orang peserta. Sedangkan waktu ujian lisensi direncanakan pada tanggal 9 – 13 Juni 2023 mendatang. (tek, tm/ed:mn)