08 Jul 2024

Tingkatkan Kompetensi Lulusan, Poltek Nuklir Selenggarakan Pelatihan Sertifikasi Lisensi level-2 ASNT Skala Internasional

Yogyakarta-Humas BRIN. Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia (Poltek Nuklir) BRIN merupakan institusi pendidikan vokasi di bawah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Bertugas menghasilkan sumber daya manusia (SDM) profesional. Dengan visi menjadi perguruan tinggi vokasi teknologi nuklir berdaya saing global, Poltek Nuklir berupaya menghasilkan lulusan sesuai dengan visi tersebut.

Oleh karenanya, Poltek Nuklir berkomitmen untuk selalu meningkatkan kompetensi dan daya saing alumni dalam memperoleh lapangan kerja. Salah satu yang rutin dilaksanakan Poltek Nuklir setiap tahunnya adalah memberikan bekal sertifikasi kompetensi kepada mahasiswa diantaranya berupa sertifikasi lisensi level-2 ASNT.

Adi Abimanyu, Wakil Direktur III bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Poltek Nuklir menyampaikan harapan agar para mahasiswa dapat mengikuti pelatihan dengan penuh semangat dan dedikasi. “Manfaatkan setiap kesempatan untuk belajar dari para pengajar yang berkompeten di bidangnya. Kesungguhan dalam menjalani pelatihan ini akan menjadi modal berharga dalam menghadapi ujian lisensi nantinya,” ujarnya

Ia  berterima kasih pada para pengajar atas dedikasi dan kontribusi yang diberikan dalam memberikan ilmu dan pengalaman berharga kepada para mahasiswa. “Peran serta para pengajar sangat vital dalam mencetak sumber daya manusia yang profesional dan kompeten. Dengan adanya pelatihan ini, Poltek Nuklir dapat terus menghasilkan alumni yang unggul, siap bersaing, dan berkontribusi positif bagi kemajuan industri teknologi nuklir di Indonesia dan dunia,” ungkapnya.

Pembekalan sertifikasi lisensi UT-L2 ASNT diberikan bagi mahasiswa semester delapan di Program Studi Elektromekanika. Hal ini terkait dengan kompetensi kekhususan yang didukung mata kuliah Program Studi Elektromekanika. Pelatihan dilaksanakan mulai tanggal 1-10 Juli 2024, dan ujian lisensi UT-L2 ASNT oleh Personel Level-3 akan dilaksanakan pada tanggal 11-12 Juli 2024.

Pelatihan dilaksanakan dengan personel pengajar dari Poltek Nuklir yang memiliki kualifikasi di bidang terkait. Sertifikat Lisensi diberikan kepada mahsiswa Poltek Nuklir setelah mengikuti ujian pelatihan oleh Personel yang telah tersertifikasi Level-3 ASNT, dan berwenang memberikan sertifikasi kuaifikasi untuk Level-1 dan Level-2.

Dengan sertifikat lisensi yang berlaku internasional, diharapkan akan semakin meningkatkan peluang dan nilai jual alumni Mahasiswa Poltek Nuklir di dunia industri nasional dan internasional.  Pelatihan diikuti sejumlah 26 Mahasiswa dan 3 pegawai DPLFR KST BRIN. (tek/ed:mn)